Kiat Sukses dan Cara Memulai Affiliate Marketing

Salah satu bisnis online yang sedang populer sekarang ini adalah affiliate marketing. Tak heran jika banyak orang yang penasaran dengan cara memulai affiliate marketing. Bagi Anda yang belum tahu, affiliate marketing merupakan  model bisnis penjualan yang menggunakan basis komisi. Jadi saat Anda bisa menjual barang, maka Anda akan mendapatkan uang. Sistemnya hampir sama dengan sales di dunia offline yang menjual dari pintu satu ke pintu lainnya. Karena Anda akan menawarkan suatu produk pada orang lain dan dibayar berdasarkan komisi barang yang terjual. Namun menariknya, affiliate marketing ini tidak akan membuat Anda kepanasan karena harus muter-muter mencari pembeli, cukup duduk manis di depan laptop, PC atau smartphone, Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

Inilah Cara Memulai Affiliate Marketing

Banyak orang menganggap bahwa affiliate marketing adalah model bisnis yang relatif mudah dan bisa mendatangkan penghasilan pasif. Namun, jangan lengah karena berpikir bahwa bisnis ini tidak mengharuskan Anda untuk kerja keras dan bisa bermalas-malasan. Karena membangun bisnis melalui internet sama seperti membangun bisnis lainnya. Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini? Berikut ini adalah cara memulai affiliate marketing yang harus Anda ketahui.

1 ) Mendaftar

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar menjadi affiliate marketing. Caranya adalah Anda cari vendor produk (merchant) yang membutuhkan afiliasi sehingga Anda akan memperoleh ID afiliasi. Merchant tersebut bisa berbentuk perusahaan atau perserongan. Kemudian merchant tersebut akan memberikan kepada Anda Link Afiliasi yang di dalamnya berisi link URL untuk alamat website milik vendor produk. Pada link tersebut ada kode khusus yang bisa digunakan untuk ID Afiliasi Anda. Selanjutnya, apabila Anda mempromosikan link yang diberikan tersebut lalu siapapun melakukan klik dan membeli maka Anda akan mendapatkan komisi.

2 ) Membuat website

Cara memulai affiliate marketing agar cepat sukses adalah membuat webiste. Hal ini sangat penting agar Anda bisa mempromosikan link dengan lebih leluasa dan mencapai jaringan yang lebih luas. Apalagi, sekarang ini banyak layanan domain dan hosting gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat website atau blog.

3 ) Lakukan promosi dengan etika

Supaya bisnis affiliate marketing Anda berjalan lancar dan menuai kesuksesan, hal yang perlu Anda tingkatkan adalah etika dalam melakukan promosi. Pasalnya promosi adalah kegiatan dimana Anda harus bisa menarik perhatian konsumen tanpa menjatuhkan vendor lain. Inilah yang disebut dengan etika berbisnis. Jika Anda tidak memiliki etika tersebut, jangan heran jika customer atau konsumen tidak merasa nyaman dengan Anda.

4 ) Membuat artikel

Siapa bilang cara memulai affiliate marketing harus selalu mempromosikan link secara langsung? Anda juga bisa mengkreasikannya dengan membuat artikel kecil. Dimana artikel tersebut berkaitan dengan barang atau produk affiliate yang Anda tawarkan. Atau bisa juga Anda buat postingan seperti gambar ataupun video yang berhubungan dengan produk. Dengan begitu, calon konsumen akan tertarik dan promosi produk affiliate Anda akan lebih efektif.

5 ) Menentukan produk

Untuk berkecimpung di bisnis affiliate ini, Anda harus pintar menentukan produk seperti apa yang ingin dipromosikan. Jangan asal memilih karena bisa merugikan diri Anda sendiri. Selain tidak lagu, bisa jadi barang atau produk tersebut ternyata berbahaya untuk kesehatan manusia. Oleh karena itu, lakukan riset dan survey produk terlebih dahulu sebelum memulai affiliate marketing. Berikut tadi merupakan beberapa cara memulai affiliate marketing. Meskipun terdengar mudah, bisnis ini tetap membutuhkan kesabaran dan kegigihan untuk bisa berhasil. Semoga bermanfaat.