Tips mencari karyawan baru untuk interviewer

Tips mencari karyawan baru – Jika saat ini anda sedang mencari kandidat untuk mengisi kekosongan posisi di perusahaan ? Jika iya pastinya juga anda berharap mendapatkan karyawan yang terbaik dari hasil seleksi yang anda adakan.

Yang perlu kita ingat bahwa perusahaan sedang mencari kandidat dengan jobdesk yang sudah ditentukan, baru setelah itu anda dapat memberikan kualifikasi kepada calon. dan berikut ini adalah  5 tips mencari karyawan baru agar bisa mendapatkan kandidat dengan keterampilan yang sesuai dengan jobdesk.

5 tips mencari karyawan baru dengan tingkat keakuratan tinggi

tips mencari karyawan baru

1 ) Ketahui betul apa yang perusahaan butuhkan

Yang pertama adalah dengan melakukan hal ini sebelum wawancara kerja berlangsung, dengan memprioritaskan 4 kompetensi yang tidak boleh di negosiasi, yaitu :

  • Sertifikasi akademik
  • Pengalaman pekerjaan di bidang yang sama
  • Lama bekerja di perusahaan
  • Dan keterampilan yang harus sesuai permintaan

Keempat filter di atas dapat membantu perusahaan atau divisi HR dalam memfilter kandidat terlebih dahulu sebelum wawancara, dengna begitu kandidat yang datang memang sudah benar-benar sesuai kebutuhan perusahaan.

2 ) Ajukan pertanyaan yang dapat memberikan informasi tentang perilaku kandidat

salah satu kesalahan interviewer ketika mencoba mengorek perilaku kandidat adalah dengan memberikannya soal pilihan ganda, cara tersebut sangatlah tidak akurat.

Yang tepat adalah dengan menanyakan pertanyaan yang mengarah pada suatu studi kasus, dan menempatkan kandidat dalam kasus tersebut. dari tanggapannya kita bias mengetahui perilakunya, cara ia bersikap, dan cara berpikirnya.

contohnya bisa seperti ini “Ketika anda gagal dalam sebuah projek yang juga menyebabkan hubungan dengan rekan anda retak, bagaimana anda menyikapinya? dan sikap apa yang anda pilih untuk bertanggung jawab atas pekerjaan yang gagal tersebut?”

Cara yang ampuh adalah dengan menanyakan beberapa pertanyaan yang mengarah pada perilaku kandidat dalam suatu kejadian, bisa juga di kombinasikan dengan pertanyaan yang menjebak. dengan begitu anda dapat tahu bagaimana pola pikir orang tersebut, dan beberapa contoh pertanyaan bisa seperti ini:

3 ) Perhatikan gestur kandidat

dengan memperhatikan gestur tubuh yang ditunjukan oleh kandidat saat proses wawancara juga penting, terutama gestur saat di tanyakan pertanyaan-pertanyaan khusus. Supaya tips keempat ini berhasil mungkin anda sebagai pewawancara juga bisa mempelajari gestur tubuh manusia.

seperti contohnya, Gerakan pada bibir, hidung, bola mata bisa menandakan sesuatu apakah dia sedang gugup, berbohong, waspada, takut dan lain-lain. Gerakan pada tubuh yang tidak disadari oleh orang tersebut dapat disebabkan karena saraf yang mengekspresikan keadaan otak, dengan begitu tips ketiga sebenrnya dapat memberikan informasi yang cukup banyak tentang orang tersebut.

4 ) Kasih tahu budaya kerja di perusahaan anda

Tips mencari karyawan baru yang selanjutnya adalah dengan memberi tahu kandidat budaya kerja di perusahaan anda, dengan begini juga bisa membuka wawasan kanidat tentang perusahaan.

Dengan seperti ini anda telah memberikan gambaran pada calon kandidat tentang cara kerja dan budaya perusahaan yang harus dipatuhi oleh setiap karyawan. Setelah itu cobalah lihat reaksi kandidat, dan tanyakan bagaimana pendapatnya tentant hal tersebut. anda juga dapat mengkombinasikan tips nomor 3 dengan tips 4 ini.

5 ) Pre interview melalui telepon 

Tips mencari karyawan baru yan terakhir adalah dengan melakukan wawancara telepon sebelum wawancara sebenarnya. untuk memastikan apakah kandidat ini benar-benar yang perusahaan butuhkan, dari telepon sebenarnya kita sudah mengetahui latar belakang kandidat tersebut.

Anda tidak perlu membawa semua kandidat untuk melakukan wawancara kerja, lakukan pra wawancara melalui telepon untuk sekedar menanyakan beberapa hal yang ada pada CV-nya. Banyak orang yang pandai dalam membuat CV, tetapi berbeda dengan kualitas sebenernya, untuk itu cara ini cukup penting dilakukan.

Demikian adalah 5 tips mencari karyawan baru untuk perusahaan yang bisa dipastikan mendekati akurasi yang sempurna. Gunakan juga Software HR dan payroll untuk mempermudah manajemen SDM dan penggajian karyawan.